Tugas AVSEC Bandara, Inilah Tanggung Jawab Personel Keamanan Penerbangan

Tugas AVSEC Bandara

Tugas AVSEC Bandara

Penumpang Pesawat Udara atau Pengguna Jasa Penerbangan selalu mengharapkan Keamanan dan Kenyamanan ketika Traveling atau Bepergian.

Untuk Menciptakan Penerbangan yang Aman, Nyaman dan Selamat, Perusahan Penerbangan (Maskapai) bersama Pengelola Bandara dan Pemerintah memerluka Personel Keamanan Penerbangan (AVSEC) yang Mumpuni dan Profesional.

Diketahui, Industri Penerbangan saat ini mengalami Pertumbungan yang Signifikan dari tahun ke tahun. Jadi tidak heran, Apabila meniti karir di Dunia Penerbangan dianggap memiliki masa depan yang menjanjikan.

Namun saat ini, Masyarakat Awam hanya mengetahui Profesi Pilot dan Pramugari saja. Padahal, dalam Dunia Penerbangan ada begitu banyak Profesi yang bisa ditemukan, Salah satunya adalah AVSEC (Aviation Security).

Aviation Security (AVSEC) merupakan Profesi yang sangat menjanjikan. Karena AVSEC mempunyai Gaji yang cukup Tinggi. Selain itu, AVSEC juga merupakan Profesi yang begengsi, Karena kerap disebut sebagai Polisi Bandara.

Apa Itu AVSEC Bandara?

Tugas Aviation Security

Tugas Aviation Security

Keamanan Penerbangan merupakan kombinasi Tindakan dan Sumber Daya Manusia serta Material untuk melindungi Penerbangan Sipil dari Tindakan Gangguan yang melanggar hukum.

Intervensi yang melanggar hukum dapat berupa tindakan Terorisme, Sabotase, Ancaman terhadap jiwa dan harta benda, komunikasi ancaman palsu, pengeboman dan lain sebagainya.

Mungkin masih banyak diantara Anda yang belum tahu Apa itu AVSEC Bandara, Aviation Security (AVSEC) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Perosnel Keamanan Penerbangan yang ada di Bandara.

Apabila Anda pernah melihat Petugas Keamanan di Bandara yang melakukan Pemeriksaan, baik terhadap Orang ataupun Barang bawaan, maka itulah yang disebut dengan Aviation Security (AVSEC).

Jadi Aviation Security (AVSEC) adalah salah satu Profesi yang memiliki Peran yang sangat penting di Dunia Penerbangan. Dimana, Profesi ini mempunyai tanggung jawab Menjaga Keamanan dan Keselamatan Penerbangan.

Tapi, Mungkin Masyarakat Awam masih banyak yang salah dalam mengartikan Pekerjaan ini. Misalnya, Menganggap AVSEC sama seperti Satpam, Security Bank atau Petugas Keamanan pada umumnya.

Hanya karena AVSEC memiliki Tugas Menjaga Keamanan, Bukan berarti AVSEC dikategorikan sebagai Hansip, Satpam atau Security. Hal itu karena AVSEC mempunya Tanggung Jawab yang lebih besar dan AVSEC juga mempunyai Regulasi Internasional yang dibawahi langsung oleh PBB.

Maka dari itu, Untuk bisa mendapatkan Profesi ini, Setiap Personel Wajib Memiliki Lisensi atau Surat Kecakapan Personel (SKP). Hal ini sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9.

Dengan Memiliki SKP atau Lisensi, maka dapat membuktikan bahwa Seseorang tersebut telah mampu menyelesaikan Standarisasi dalam melaksanakan tugas sebagai AVSEC Bandara.

Bagaimana? Teryata AVSEC adalah Profesi yang Bergengsi bukan?

Ruang Lingkup Tugas AVSEC Bandara

  • Keselamatan Pesawat dan Awak Pesawat
  • Keselamatan Calon Penumpang dan Penumpang Penerbangan
  • Keselamatan Personil yang Ada di Darat
  • Keamanan Fasilitas yang Ada di Bandara
  • Menjaga Keamanan dan Ketertiban di Bandara

Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC Bandara

  • Pemeriksaan Penumpang yang Akan Memasuki Pesawat
  • Pemeriksaan Cabin Crew
  • Pengawasan Akses Kontrol Ke Sisi Udara
  • Melakukan Pemeriksaan Penumpang yang Akan Transit dan Transfer
  • Pengawasan Jalur Menuju Pesawat Udara
  • Penertiban Kargo
  • Pengawasan Penumpang Khusus
  • Pemeriksaan Barang-Barang Ilegal.

Bagaimana? Sudah tahu bukan, Apa saja Tugas Tugas dan Tanggung Jawab Personel AVSEC di Bandara?

Tentu Sangat berbeda ya? Dengan Pekerjaan Satpam atau Security yang umum Kita lihat di Mall, Pasar, Bank ataupun di Sekolah.

Personel AVSEC memiliki Tugas untuk Menjami Keamanan dan Ketertiban yang berkaitan dengan Penerbangan, Penumpang, Awak Pesawat dan Instansi di Lingkungan Bandara yang tentunya telah disesuaikan dengan Hukum dan Standar Aturan Penerbangan Sipil ataupun Internasional.

Nah, Sekarang Anda Juga Sudah Tahu Yaa? Bila di Dunia Penerbangan tidak hanya Pilot dan Pramugari saja, Melainkan AVSEC juga menjadi Profesi yang Bergengsi dan Berkelas.

Sekolah AVSEC Indonesia

Apabila Anda Tertarik dan Berminat untuk Meniti Karir Sebagai AVSEC Bandara. Sekolah AVSEC Indonesia menyediakan Pendidikan dan Pelatihan Khusus AVSEC dengan Kualitas Pendidikan Terjamin.

Tidak hanya itu saja, Sekolah AVSEC Indonesia juga mejalin kerjasama dengan Perusahaan dan juga Pengelola Bandara yang ada di Indonesia, sehingga Anda akan menapatkan Rekomenkasi dan cepat mendapatkan Pekerjaan.

Bisa Kita lihat, Tingkat Persaingan menjadi AVSEC sangatlah Ketat. Namun, apabila Anda sudah menyelesaikan Pendidikan dan Pelatihan Khusus AVSEC, Maka Perusahaan akan menilai Anda sudah mempunyai Kemampuan dan Pengetahun yang sesuai dengan Standar Perusahaan. Hal itu dibuktikan Dengan Lisensi yang Anda Dapatkan dari Sekolah AVSEC Indoensia.

Jadi Bagaimana? Apakah Anda Masih Ragu untuk Menjadi AVSEC Bandara?

Tunggu Apa Lagi? Segera Daftar Sekarang Juga dan Dapatkan Kesempatan Memiliki Masa Depan yang lebih baik sebagai AVSEC Profesional dengan Pelatihan yang Berkualitas di Sekolah AVSEC Indonesia.

Semoga Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.