Berikut Beberapa Tips Menjadi AVSEC Bandara Dengan Mudah Lolos Seleksi

Tips Menjadi AVSEC Bandara Dengan Mudah Lolos Seleksi

Tips Menjadi AVSEC Bandara Dengan Mudah Lolos Seleksi

TIPS MENJADI AVSEC BANDARA DENGAN MUDAH LOLOS SELEKSI

Beberapa Tips Menjadi AVSEC Bandara dengan Mudah Lolos Seleksi? Peran AVSEC di bandara sangat penting bagi keamanan dan keselamatan pengunjung bandara, penumpang serta kru pesawat. Jadi orang yang menempati posisi ini haruslah orang yang benar-benar berkualifikasi.

Untuk bisa menjadi AVSEC bandara ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilewati. Sistem seleksi adalah sistem gugur yaitu peserta tes yang gagal tidak boleh melanjutkan ketahapan selanjutnya. Jika Anda ingin menjadi AVSEC bandara.

Beberapa Tips Menjadi AVSEC Bandara Dengan Mudah Lolos Seleksi Berikut Ini :

Tahapan Administrasi

Di tahapan administrasi ini para peserta haruslah memenuhi persyaratan-persyaratan utama yaitu sehat jasmani dan rohani, berusia minimal 18 tahun, memiliki tinggi badan minimal 170 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk wanita (ada juga yang menyebutkan tinggi badan wanita minimal 163 atau 165 cm).

Berpendidikan minimal SMA atau sederajat yang ditunjukkan dengan ijazah, tidak buta warna, berpenglihatan bagus yaitu tidak berkacamata dan tidak menggunakan lensa kontak, belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama masa training atau selama menjadi calon pegawai, dan terakhir memiliki kemampuan berbahasa Inggris menjadi nilai plus.

Agar Anda lolos tahapan administrasi ini Anda bisa berolahraga agar tubuh Anda sehat dan tinggi, belajar bahasa Inggris dengan cara les atau otodidak, dan makan makanan bernutrisi terutama yang mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan penglihatan.

Di tahapan administrasi ini Anda diminta juga mengumpulkan dokumen-dokumen resmi yang diperlukan seperti fotokopi KTP, fotokopi ijazah SMA yang sudah dilegalisir, pas foto, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Surat keterangan sehat dari puskesmas atau dokter, surat bebas narkoba, dan surat keterangan belum menikah dari kelurahan tempat domisili.

Tes Akademik

Jika Anda lolos di tahapan pertama dan sudah mengumpulkan berkas administrasi yang diperlukan, tes seleksi selanjutnya adalah tes akademik, bahasa inggris, dan psikotes. Tes akademik adalah tes pengetahuan dasar yang sudah didapatkan selama menempuh pendidikan sekolah dan juga pengetahuan umum yang berasal dari berita sehari-hari.

Tes bahasa inggris adalah tes kemampuan berbahasa Inggris berupa grammar atau struktur bahasa Inggris dan vocabularies atau kosa kata. Psikotes adalah tes untuk menganalisis kesehatan mental atau psikis para peserta.

Tidak ada jawaban benar atau salah dalam psikotes namun dari hasil psikotes bisa diketahui apakah peserta memiliki kesehatan psikis yang cukup kuat untuk menjadi AVSEC bandara.  Agar lolos di tahapan ini Anda harus buka lagi buku-buku sekolah Anda serta banyak memperhatikan berita saat ini.

Berlatihlah mengerjakan soal-soal bahasa Inggris, TPA dan psikotes yang buku-buku contoh soalnya bisa Anda dapatkan di toko buku. Sarapan dahulu sebelum mengerjakan tes. Perut lapar bisa mengganggu konsentrasi Anda.

Siapkan alat tulis yang diperlukan. Usahakan tidur cukup pada malam sebelum ujian. Datang lebih awal agar Anda bisa menenangkan diri dulu sebelum ujian.

Tes Wawancara

Dalam tes wawancara Anda akan berhadapan langsung dengan penguji. Anda diharapkan bisa memberi jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diajukan pewawancara. Pakailah pakaian yang sopan, rapi dengan sepatu tertutup. Bersikaplah biasa saja. Jangan menampakkan wajah tegang atau tubuh kaku. Tersenyumlah secara wajar.

Tunjukkan penampilan percaya diri dan smart bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk menjadi AVSEC bandara. Mintalah teman atau keluarga Anda pura-pura menjadi pewawancara agar Anda bisa berlatih bagaimana menjawab pertanyaan dan berlatih mengatur postur tubuh.

Tes Pantaukhir

Tes pantaukhir adalah tes pantauan akhir dimana peserta yang telah lolos tes-tes sebelumnya dinilai untuk terakhir kali sebelum dinyatakan diterima menjadi AVSEC bandara. Berdirilah yang tegak dengan postur tubuh lurus. Berbarislah yang rapi dan lurus. Berbicaralah dengan lantang dan tegas jika ditanya.

Kuasai riwayat keluarga serta pengetahuan mendalam tentang AVSEC. Berbusanalah bersih dan rapi. Bawalah dokumen-dokumen yang diminta. Berbicaralah saat ditanya dan jawablah pertanyaan penguji dengan jawaban seperlunya sesuai konteks pertanyaan. Bersikaplah percaya diri tapi jangan berlebihan hingga menunjukkan sikap arogan.

Usahakan tenang maka besar kemungkinan Anda akan lolos di tahapan ini. Itulah tips menjadi AVSEC bandara dengan mudah lolos seleksi. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *