Apa Saja Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura

Apa Saja Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura

Apa Saja Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura

APA SAJA SYARAT MENJADI AVSEC ANGKASA PURA

Apa Saja Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura? Angkasa Pura adalah perusahaan pemerintah bertanggung jawab mengatur segala kegiatan di bandara-bandara di seluruh Indonesia. Perusahaan ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan dan Transportasi.

Agar segala kegiatan di bandara berjalan dengan lancar dan aman maka PT. Angkasa Pura membentuk unit keamanan yaitu AVSEC (Aviation Security). Setiap orang memiliki hak melamar posisi AVSEC asalkan ia memenuhi syarat menjadi AVSEC Angkasa Pura. Apa saja syaratnya? Nanti akan kita lihat. Sebelumnya mari kita pelajari dulu apa tugas dari seorang petugas AVSEC.

Tugas AVSEC Bandara

  • Memeriksa penumpang serta barang bawaannya yang hendak memasuki area terbatas. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan mesin x-ray serta alat pendeteksi lainnya.
  • Memeriksa identitas penumpang serta kru pesawat yang hendak terbang.
  • Mengawasi jalur akses yang menuju atau yang dari pesawat.
  • Memeriksa barang-barang kiriman seperti kargo, pos, dan kiriman diplomatik yang akan dibawa dengan pesawat.
  • Menjaga keamanan bandara serta lingkungan sekitarnya.
  • Melayani calon penumpang atau orang-orang yang berada di bandara.
  • Mencegah terjadinya tindakan melawan hukum yang terjadi dalam bandara.

Dari penjabaran tugas di atas bisa kita lihat bahwa pekerjaan seorang petugas AVSEC bukanlah pekerjaan yang bisa dianggap remeh. Maka dari itu Angkasa Pura menentukan persyaratan yang bisa menjaring orang-orang yang memang berkualifikasi menjadi seorang petugas AVSEC.

Persyaratan AVSEC Bandara

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia.
  2. Berusia minimal 18 tahun. Usia 18 tahun dianggap sudah cukup dewasa untuk mengambil keputusan sendiri dan dianggap sudah matang mental serta kepribadiannya.
  3. Belum menikah dan menyanggupi untuk tidak menikah selama proses pelatihan atau selama menjadi calon pegawai. Persyaratan ini dibuat agar calon pegawai bisa lebih fokus dan tidak terganggu dengan urusan rumah tangga selama proses pelatihan berlangsung.
  4. Sehat jasmani dan rohani. Bagi calon pelamar pria tidak diperbolehkan ditindik dan bertato. Petugas AVSEC akan bertemu dengan banyak orang di bandara. Di antara orang tersebut mungkin ada yang tidak nyaman jika berhadapan dengan orang bertato atau bertindik. Maka dari itu demi kelancaran petugas saat bekerja serta demi kenyamanan semua pihak maka petugas AVSEC harus bertubuh sehat serta bebas tato dan tindik.
  5. Berpenglihatan bagus dan tidak buta warna. Tugas utama petugas AVSEC adalah memeriksa barang-barang yang dibawa penumpang serta kargo yang masuk bagasi. Jika petugas tidak bisa membedakan warna atau tidak bisa melihat dengan baik maka akan sangat berbahaya saat melakukan pemeriksaan karena bisa saja terjadi kekeliruan.
  6. Bebas narkoba. Narkoba bisa mengganggu konsentrasi pemakainya dan konsentrasi adalah hal yang paling dibutuhkan petugas AVSEC dalam menjaga keamanan bandara.
  7. Berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK. Dengan kata lain petugas AVSEC harus bersih catatan kriminalnya.
  8. Memiliki tinggi lebih dari 170 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta bertubuh proporsional.
  9. Lulus tes yang diselenggarakan oleh Angkasa Pura. Untuk menyaring calon-calon pelamar yang benar-benar berkualifikasi biasanya Angkasa Pura mengadakan beberapa tahap tes seleksi dengan sistem gugur dimana calon pelamar yang tidak lulus tes dinyatakan gagal dan tidak diperbolehkan melanjutkan ke tahapan tes selanjutnya.

Itulah syarat menjadi AVSEC Angkasa Pura. Kebanyakan calon pelamar gagal saat tahapan tes seleksi. Maka dari itu disarankan untuk mengikuti pelatihan menjadi AVSEC yang biasanya diadakan oleh sekolah penerbangan agar pelamar bisa tahu apa saja materi yang perlu dikuasai untuk menghadapi tes. Selamat berjuang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *