Persiapan Mendaftarkan Diri Ke Sekolah Penerbangan Di Jogyakarta

Sekolah Penerbangan Di Jogyakarta

Sekolah Penerbangan Di Jogyakarta

SEKOLAH PENERBANGAN DI JOGYAKARTA

Anda sedang mencari sekolah penerbangan di Jogyakarta? Seperti namanya, lembaga pendidikan ini akan menempa siswa-siswinya menjadi staf penerbangan terampil, baik untuk skala penerbangan domestik maupun internasional.

Sebagian besar sekolah penerbangan di Indonesia—termasuk di Jogyakarta—sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah maskapai penerbangan ternama.

Dengan begitu, para lulusan dari lembaga pendidikan tersebut akan lebih mudah menemukan lowongan pekerjaan. Adapun maskapai penerbangan yang bakal mencari langsung tenaga-tenaga kerja terbaik dari sekolah tadi untuk dijadikan STAFF tetap.

Sebelum mendaftarkan diri ke sekolah penerbangan, calon siswa-siswi perlu memperhatikan hal-hal ini terlebih dulu :

  • Pastikan sekolah penerbangan sudah mendapatkan akreditasi baik. Jika Anda tidak bisa masuk ke sekolah berakreditasi A, tak ada salahnya masuk ke lembaga akreditasi B yang fasilitas serta layanannya tak jauh berbeda
  • Memberikan jaminan kepada siswa-siswi untuk mendapatkan profesi yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka di dunia penerbangan. Hal ini dibarengi dengan pelatihan profesional di sekolah agar kemampuan maupun bakat siswa-siswi terasah maksimal
  • Menyediakan materi pembelajaran memadai. Dalam hal ini, sekolah penerbangan yang dipilih harus mempunyai kurikulum yang tak hanya mencakup teori, tetapi juga praktik, sehingga siswa-siswi yang belajar akan cakap dalam teori dan kerja di lapangan
  • Berkaitan dengan poin sebelumnya, pastikan materi-materi praktik yang diberikan lengkap dan sesuai profesi. Misalnya untuk pilot, harus ada praktik mengemudikan pesawat terbang secara langsung serta tersusun
  • Menyediakan fasilitas dan layanan yang akan menunjang masa pembelajaran siswa-siswi saat menyelam pendidikan di sekolah penerbangan. Jangan sampai biaya uang dikeluarkan ternyata tak sesuai dengan Anda harapkan.

Persyaratan Dan Biaya Masuk Ke Sekolah Penerbangan

Setelah memastikan reputasi sekolah penerbangan di Jogyakarta pilihan Anda, sekarang mari pelajari syarat dan biaya yang dibutuhkan. Aturan dan syarat yang diajukan pun biasanya tak jauh berbeda, antara lain:

  • Calon siswa diwajibkan mengisi formulir pendaftaran—baik offline maupun online sesuai syarat dari sekolah penerbangan yang bersangkutan
  • Pria/wanita lulusan SMA atau sederajat
  • Tinggi badan minimal untuk wanita umumnya sekitar 157-160 cm, sementara untuk pria sekitar 165 cm
  • Sehat secara jasmani dan rohani
  • Untuk calon siswi tidak boleh masuk dalam keadaan hamil
  • Calon siswa-siswi tidak mempunyai tato permanen di tubuhnya
  • Calon siswa-siswi harus bebas dari narkoba (akan ada tes dari sekolah)

Staf-staf penerbangan—dari pramugara/i hingga pilot—umumnya harus mempunyai tubuh proposional. Selain tinggi badan, berat badan pun harus sama-sama ideal. Untuk menghitungnya, Anda bisa memakai rumus tinggi badan yang dikurangi 100. Misalnya, Anda memiliki tinggi badan 164 cm, berarti bobot ideal yang harus Anda punya adalah 164-110 = 54 kilogram.

Menyoal tentang biaya, bujet untuk mengenyam pendidikan di sekolah penerbangan memang tak sedikit. Setidaknya, Anda harus menyiapkan dana puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Perhatikan juga keperluan yang tercakup dalam biaya yang harus ditebus tadi. Beberapa sekolah penerbangan akan meminta biaya tambahan untuk dana perekrutan dan on job training atau magang.

Kemudian, Pastikan Anda Juga Mempersiapkan Berkas/Dokumen Seperti :

  • Surat Keterangan Sehat dari dokter, rumah sakit, atau puskesmas;
  • Fotokopi KTP atau identitas lain seperti kartu pelajar dan kartu keluarga;
  • Foto setengah badan danfull body. Buat jadi beberapa lembar sebagai cadangan.

Simpan setiap bukti pembayaran yang biasanya diminta sekolah penerbangan di Jogyakarta dalam proses pendaftaran. Semoga membantu!