8 Kriteria Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi AVSEC Bandara

8 Kriteria Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi AVSEC Bandara

8 Kriteria Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi AVSEC Bandara

 

8 KRITERIA YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENJADI AVSEC BANDARA

Inilah 8 Kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi AVSEC bandara, harus dipahami oleh semua orang yang ingin menggeluti pekerjaan ini. Tidak sembarang orang bisa diterima begitu saja di tempat ini.

Selain harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan, seseorang juga harus mengikuti pelatihan khusus yang disediakan. Nah, bagi Anda yang tertarik menjadi AVSEC bandara, berikut ini beberapa kriteria yang harus Anda penuhi terlebih dahulu.

1. Tinggi Badan

Tinggi badan ini menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi para calon AVSEC dan menjadi hal pertama yang akan dilihat. Tinggi badan yang tidak sesuai dengan batasan yang ditentukan, sudah pasti tidak akan diterima sejak dari awal.

Lalu, berapa batasan tinggi badan yang ditentukan? Untuk AVSEC maskapai, minimal tinggi badan pria 168 cm dan wanita 160 cm. Sedangkan, untuk AVSEC yang bekerja di bawah naungan Angkasa Pura, tinggi badan minimal pria 170 cm dan wanita 165 cm.

2. Berat Badan

Selain tinggi badan, berat badan juga menjadi kriteria kedua yang harus dipenuhi para calon AVSEC. Namun, dalam aturan ini, bukan nominal berat badan yang ditentukan, tapi keidealan dan keproporsionalan antara berat badan dengan tinggi badan.

Untuk melihat keidealan berat badan ini, ada rumus tertentu yang ditetapkan, yaitu tinggi badan (dalam cm) dikurangi 110. Jadi, jika tinggi badan Anda 165, maka berat badan ideal Anda adalah 165 – 110 = 55 kg. Bagi Anda yang tidak memiliki berat badan ideal, jelas tidak akan diterima dalam seleksi pertama masuk AVSEC.

3. Sehat Jasmani dan Rohani

Syarat ini jelas mutlak dimiliki calon AVSEC. Sebagai orang yang ditugaskan untuk menjaga keamanan bandara haruslah memiliki kesehatan yang baik. Biasanya, beberapa tes yang dilakukan untuk memastikan seluruh kesehatan calon AVSEC antara lain buta warna, hepatitis, mata normal, tidak pernah patah tulang, dan tidak menderita penyakit berat lain.

4. Usia

Usia sangat berhubungan erat dengan kinerja dan produktivitas seseorang. Oleh karena itu, selain penampilan, usia juga menjadi syarat utama untuk menjadi AVSEC. Namun, dalam penentuan batasan usia ini, setiap maskapai mempunyai kebijakan sendiri, yang pasti batas minimal usia 18 tahun, sesuai aturan pemerintah.

5. Dapat Berkomunikasi Dengan Baik

Mampu berkomunkasi dengan baik juga menjadi syarat yang harus dimiliki seorang AVSEC. Sebab, bagaimana pun juga, dalam menjalankan tugasnya, mereka harus melakukan komunikasi dengan banyak orang. Orang yang tidak mampu berkomunikasi dengan baik, tentu hanya akan membawa kericuhan sat menjalankan tugasnya.

6. Menguasai Bahasa Inggris

Bandara yang notabene merupakan pintu gerbang sebuah negara, tentu akan banyak pemakai jasanya, baik dari dalam maupun luar negeri. Nah, agar komunikasi tetap berjalan lancar meskipun sedang berhadapan dengan orang dari luar negeri, maka penguasaan bahasa Inggris harus dimiliki calon AVSEC. Dalam hal ini, calon AVSEC bisa mendalaminya terlebih dahulu sebelum mendaftar menjadi AVSEC.

7. Mempunyai Sikap Ramah Namun Tegas

Sebagai pelayan umum, AVSEC harus bisa bersikap ramah dan sopan kepada setiap penumpang pesawat. Namun begitu, sifat tegas juga tidak boleh ditinggalkan, terlebih pada saat berhadapan dengan penumpang yang kurang menaati aturan yang ada.

8. Mempunyai Lisensi

Ini merupakan syarat yang sudah ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Udara. Sebab, lisensi inilah yang menjadi bukti bahwa seseorang layak menjadi AVSEC karena dapat menjamin keselamatan dan keamanan seluruh pengguna jasa bandara.

Itulah beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi AVSEC bandara.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *