Seperti Apakah Kriteria Untuk Menjadi AVSEC Bandara di indonesia

Kriteria Untuk Menjadi AVSEC Bandara

Kriteria Untuk Menjadi AVSEC Bandara

KRITERIA UNTUK MENJADI AVSEC BANDARA

Seperti Apakah Kriteria Untuk Menjadi AVSEC Bandara? Banyak orang bertanya-tanya seperti apakah kriteria untuk menjadi AVSEC bandara. AVSEC bandara merupakan petugas yang berperan untuk menjaga keselamatan dan keamanan.

Sekilas pekerjaan ini hampir sama dengan petugas keamanan atau security. Namun untuk menjadi AVSEC bandara ada kriteria atau persyaratan yang harus diikuti oleh para calon AVSEC.

Lalu Apa Saja Kriteria Untuk Menjadi AVSEC Bandara??

Tinggi Badan

Dalam karir sebagai petugas AVSEC, tinggi badan merupakan salah satu syarat utama yang wajib dipenuhi. Seseorang bahkan tidak dapat memperoleh STKP atau lisensi jika tinggi badannya tidak sesuai persyaratan minimal AVSEC. Lantas, berapakah minimal syarat tinggi badan untuk menjadi petugas AVSEC bandara?

Untuk AVSEC bandara, tinggi badan minimal adalah 168 cm untuk pria dan 160 cm untuk calon AVSEC wanita. Tetapi untuk AVSEC yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura tinggi badan minimalnya adalah 170 cm untuk pria dan 165 cm untuk wanita.

Berat Badan

Walaupun AVSEC bertugas sebagai penjaga keamanan penerbangan, tetapi mereka juga tetap harus menjaga proporsionalitas tubuhnya. Jadi berat badan yang ideal atau proporsional juga wajib dipenuhi agar dapat menjadi petugas AVSEC bandara.

Lantas, bagaimana cara menghitung apakah berat badan Anda termasuk ideal atau tidak? Rumus berat badan ideal adalah tinggi badan dikurangi 110. Jika Anda memiliki tinggi badan 165 cm, maka berat badan ideal Anda adalah 55 kg

Sehat Jasmani dan Rohani

Sebagai seorang petugas yang wajib menjaga keamanan penerbangan, calon AVSEC harus memiliki kesehatan yang baik dari segi jasmani maupun rohani di antaranya adalah tidak buta warna, memiliki kondisi mata yang normal atau tidak minus/silinder, tidak menderita hepatitis, belum pernah mengalami patah tulang, dan tidak menderita penyakit yang berat

Usia

Pada saat melamar pekerjaan menjadi AVSEC, faktor usia juga dibatasi  Terkait batasan usia, setiap maskapai memiliki ketentuan masing – masing. Tetapi untuk usia paling rendah adalah 18 tahun, sesuai dengan peraturan pemerintah

Berpenampilan Menarik

Sebagai seorang petugas yang langsung berhubungan dengan penumpang, penampilan yang menarik juga faktor yang harus diperhatikan. Walaupun tugas utamanya adalah menjaga keamanan penerbangan, seorang AVSEC wajib memperhatikan penampilan karena langsung berinteraksi langsung dengan penumpang.

Ketika Anda akan melakukan perjalanan udara, para AVSEC wanita tentu akan terlihat cantik dengan riasan yang tidak kalah dengan para staff penerbangan wanita lainnya. Hal ini merupakan salah satu tuntutan pekerjaan sebagai petugas yang melayani para penumpang terkait hal keamanan penerbangan

Dapat Berkomunikasi Dengan Baik

Petugas AVSEC bandara merupakan petugas keamanan penerbangan dan langsung terjun ke lapangan atau berhadapan langsung dengan penumpang. Oleh karena itu, petugas AVSEC wajib untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menghindari kesalahpahaman saat menyampaikan informasi pada penumpang

Menguasai Bahasa Inggris

Bandara adalah salah satu ruang publik yang menjadi tempat berkumpul ribuan orang dari berbagai negara yang menggunakan layanan penerbangan.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang sudah paten sebagai bahasa Internasional sehingga para turis dari negara lain yang tidak menguasai bahasa Indonesia kebanyakan akan memanfaatkan bahasa Inggris untuk komunikasi.

Dengan alasan tersebut, para petugas AVSEC sebaiknya menguasai bahasa Inggris secara aktif agar dapat berkomunikasi dengan para penumpang yang tidak berasal dari Indonesia. Biasanya petugas AVSEC yang menguasai bahasa Inggris lebih diprioritaskan dibandingkan mereka yang tidak.

Itulah kriteria umum untuk menjadi AVSEC. Jadi sekarang Anda tidak perlu bingung lagi seperti apakah kriteria untuk menjadi AVSEC bandara jika tertarik untuk berkarir di sana

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *