Jenis Jenis Tes Calon AVSEC Bandara

Jenis Jenis Tes Calon AVSEC Bandara

Jenis Jenis Tes Calon AVSEC Bandara

JENIS-JENIS TES CALON AVSEC BANDARA

Berikut Jenis Jenis Tes Calon AVSEC Bandara, Tertarik untuk bekerja di dunia penerbangan? Staff AVSEC bisa jadi salah satu pilihan karir Anda untuk masuk ke dunia penerbangan profesional yang bergengsi.

Bergengsi karena untuk menjadi AVSEC standarnya beda dengan petugas keamanan biasa karena tanggung jawab petugas AVSEC lebih besar dibandingkan dengan petugas keamanan satpam,  hansip, atau petugas keamanan umum lainnya.

Untuk bisa menjadi petugas AVSEC berlisensi resmi, ada serangkaian proses pendidikan dan latihan yang harus Anda tempuh dari lembaga pendidikan yang berlisensi resmi. Untuk bisa masuk ke lembaga pendidikan ini ada serangkaian tes yang harus ditempuh untuk memastikan semua peserta didik adalah mereka yang memenuhi standar dasar menjadi petugas AVSEC. Berikut ini adalah proses yang harus ditempuh untuk bisa ikut serta dalam diklat AVSEC.

Syarat Untuk Masuk Ke Sekolah AVSEC

  1. Lulusan SMA/SMK/Sederajat atau lulusan D3, lulusan S1
  2. Sehat jasmani dan juga sehat rohani
  3. Mata normal alias tidak minus, plus, atau kelainan mata lainnya
  4. Tidak buta warna
  5. Tidak memiliki tato permanen
  6. Tidak memiliki cacat fisik yang mengganggu aktivitas
  7. Bebas penyakit hepatitis
  8. Bebas narkoba
  9. Tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita dan 165 cm untuk pria
  10. Usia minimal 18-27 tahun
  11. Belum pernah mengalami patah tulang

Cara Pendaftaran Sekolah AVSEC

Setelah Anda yakin sudah memenuhi syarat di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran baik secara online maupun datang langsung ke kampus sekolah AVSEC. Secara umum alur pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil atau unduh formulir pendaftaran yang bisa diambil di kampus AVSEC atau di situs online kemudian isi berdasarkan data peserta diklat
  2. Kemudian lengkapi berkas peserta sesuai dengan syarat dan ketentuannya kemudian unggah ke situs online di bagian biodata diri
  3. Bayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000 ke rekening resmi sekolah AVSEC kemudian konfirmasi pembayarannya.
  4. Siap untuk melakukan rangkaian tes

Rangkaian Tes Masuk Sekolah AVSEC

Tidak semua orang bisa mendaftar untuk mengikuti pendidikan menjadi staff AVSEC dan tidak semua orang bisa lolos tes yang diadakan untuk calon peserta diklat. Setelah melengkapi berkas dan juga administrasi pendaftaran, langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti tes yang diadakan lembaga pendidikan sekolah AVSEC. Berikut adalah tahapan tesnya:

  1. Tes yang pertama adalah tes tertulis yang bisa dikerjakan secara online. Materi tes tertulis ini adalah tes pengetahuan umum dan juga psikotes untuk memastikan calon pendaftar memiliki tingkat intelejensi yang dibutuhkan untuk bekerja di AVSEC.
  2. Tes yang kedua adalah tes kesehatan di mana kesehatan jasmani calon peserta akan dites, termasuk mengukur tinggi badan, mengecek daya penglihatan, mengecek apakah mengonsumsi obat-obatan terlarang atau tidak, dan cek kesehatan lainnya. Salah satu tes kesehatan yang harus dilalui adalah dengan melihat apakah calon peserta buta warna atau tidak. Dalam dunia penerbangan ada banyak sekali rambu dan juga peringatan penting yang dikategorikan dalam warna, maka dari itu seorang petugas AVSECtidak boleh memiliki kondisi buta warna karena bisa membahayakan keselamatan penerbangan.
  3. Tes yang ketiga adalah tes interview atau tes wawancara. Bagi Anda yang lokasinya jauh dari kampus sekolah AVSEC, wawancara bisa dilakukan melalui telepon. Kemudian surat keputusan akan dikirimkan dalam waktu 3 x 24 jam ke email peserta yang terdaftar di bagian biodata diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *