Inilah Alasan Kenapa Harus Berkarir Menjadi AVSEC Bandara

Inilah Alasan Kenapa Harus Berkarir Menjadi AVSEC Bandara

Inilah Alasan Kenapa Harus Berkarir Menjadi AVSEC Bandara

INILAH ALASAN KENAPA HARUS BERKARIR MENJADI AVSEC BANDARA

Inilah Alasan Kenapa Harus Berkarir Menjadi AVSEC Bandara? Dunia kerja sekarang ini makin lama makin ketat di mana setiap tahunnya selalu dihasilkan lulusan akademisi baru dengan berbagai macam latar belakang pendidikan sementara lapangan pekerjaan yang ada sangat terbatas.

Dari pada pusing tidak menentu mau jadi apa Anda bisa mempertimbangkan berkarir di dunia penerbangan tepatnya berkarir di bidang AVSEC atau Aviation Securty yang disebut juga dengan nama polisi bandara.

Memastikan bandara dan juga proses penerbangan berjalan dengan aman tanpa adanya pelanggaran hukum adalah tugas seorang petugas AVSEC mulai dari pengecekan bagasi terhadap pengguna jasa penerbangan maupun kru pesawat terbang, sampai memastikan tidak adanya tindakan kriminal selama penerbangan.

Apa sih serunya jadi seorang  AVSEC?

Bukan Petugas Keamanan Biasa

Petugas keamanan penerbangan atau petugas AVSEC bukanlah petugas keamanan biasa atau satpam karena untuk menjadi  AVSEC persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi lebih ketat. Orang yang ingin menjadi AVSEC harus menempuh pendidikan khusus untuk menjadi STAFF keamanan penerbangan dan lulus dengan mengantongi STKP (Surat Tanda Kecakapan Petugas).

Sekolah yang dipilih pun harus memiliki ijin dan lisensi yang resmi karena standar sumber daya manusia yang dibutuhkan di dunia penerbangan lebih tinggi mengingat resiko keamanannya pun tinggi. Oleh karena itu tidak sembarangan dan tidak semua orang bisa menjadi petugas  AVSEC.

Ruang Lingkup Keamanan Yang Lebih Luas

Jika Anda melihat di bandara ketika akan masuk ke dalam pesawat, sebelumnya Anda akan dipindai terlebih dahulu untuk melihat barang bawaan yang dibawa apakah ada yang melanggar ketentuan atau tidak. Petugas yang melakukan pemindaian tersebut adalah AVSEC.

Namun, ruang lingkup AVSEC tidak hanya sampai situ saja, STAFF keamanan penerbangan bertanggung jawab terhadap segala aset penerbangan di lingkungan bandara termasuk misalnya lampu landasan, pagar pembatas bandara, dan sebagainya.

Petugas  AVSEC pun tidak hanya memeriksa para penumpang namun juga kru pesawat yang akan terbang demi keamanan penerbangan.

Bekerja Dengan Peralatan Canggih

STAFF keamanan AVSEC bisa menjadi pekerjaan yang seru karena Anda tidak hanya akan dibekali mengenai pelatihan fisik dan mental namun juga diajari untuk menggunakan berbagai macam perlengkapan penerbangan untuk memastikan keamanan proses penerbangan.

Alat-alat yang akan menjadi partner Anda selama bertugas misalnya seperti peralatan pendeteksi metal, pendeteksi bahan organik maupun non-organik, alat pendeteksi bahan nuklir, biologi, kimia, dan juga radiokatif, pendeteksi bahan peledak, kendaraan patroli keamanan penerbangan, dan masih banyak lagi lainnya.

Lisensi Yang Berlaku Global

Setiap petugas AVSEC harus memiliki lisensi yang menjadi bukti kualifikasi petugas tersebut untuk memastikan keamanan penerbangan.

Lisensi ini berlaku di bandara di seluruh dunia jadi bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri bisa menggunakan lisensi yang Anda miliki sebagai syarat kualifikasi yang standarnya sudah sesuai dengan standar internasional.

Ada beberapa level lisensi yang bisa Anda dapatkan untuk menentukan tingkat keahlian yang Anda miliki mulai dari License Basic, Junior, Senior, dan Dangerous Good. Masing-masing level lisensi membutuhkan pendidikan dan latihan khusus yang biasanya berlangsung selama beberapa bulan.

Sekolah AVSEC berlisensi resmi, PSPP membuka pendaftaran bagi Anda yang ingin bergabung dengan dunia keamanan penerbangan profesional dengan standar internasional sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku di lingkungan dunia penerbangan.

Dapatkan materi pelatihan dan latihan khusus untuk mendidik Anda menjadi tenaga profesional AVSEC yang siap untuk bekerja di industri penerbangan. Nah, Inilah Alasan Kenapa Harus Berkarir Menjadi AVSEC Bandara semoga bermanfaat untuk kalian yang berminat menjadi AVSEC Bandara.