Berapa Tahun Kontrak Kerja AVSEC Bandara

Berapa Tahun Kontrak Kerja AVSEC Bandara

Berapa Tahun Kontrak Kerja AVSEC Bandara

BERAPA TAHUN KONTRAK KERJA AVSEC BANDARA

Berapa Tahun Kontrak Kerja AVSEC Bandara? Berapa tahun kontrak kerja AVSEC bandara? Pertanyaan satu ini sering kali dilontarkan calon peserta didik di sekolah penerbangan.

Jawaban untuk pertanyaan tersebut sebenarnya bervariasi, tetapi rata-rata kontrak kerja yang diberlakukan memiliki periode 1 sampai 1,5 tahun dengan peluang diangkat menjadi staf tetap mencapai 98%. Semuanya kembali pada performa staf yang bersangkutan.

Mengenal lebih dalam tentang profesi AVSEC Bandara

Sebelum membahas lebih jauh tentang kontrak, ada baiknya Anda mengenal dahulu AVSEC dan jenjang karier yang terdapat di dalamnya. AVSEC (Aviation Security) merupakan petugas keamanan di bandar udara.

Dengan tugas dan tanggung jawab besar terhadap keselamatan serta keamanan, staf AVSEC wajib mengantungi lisensi atau STKP (Surat Tanda Kecakapan Petugas) sesuai peraturan dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara Nomor SKEP/2765/XII/2010 Bab 1 Butir 9.

Sayangnya, sebagian besar orang menganggap AVSEC tidak jauh berbeda dengan satpam, hansip, atau petugas keamanan pada umumnya. Namun, dari pemaparan singkat di atas, Anda bisa mengetahui apa saja perbedaan Aviation Security dengan petugas keamanan lain.

Pembeda paling jelas ialah STKP atau lisensi yang membuktikan staf AVSEC berhak menjalankan tugas maupun perintah. Surat tersebut jadi bukti juga bahwa staf yang bersangkutan berkompeten dalam bidangnya serta telah diakui oleh Direkorat Jendral Perhubungan Udara.

Mendapatkan STKP juga bukan perkara mudah, karena Anda wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan AVSEC terlebih dulu. Diklat tersebut juga harus disetujui Direktorat Jendral Perhubungan Udara. Ada dua jenis pendidikan yang dibagi sesuai jenjang karier dan akan mempengaruhi berapa tahun kontrak kerja AVSEC bandara.

  1. Pendidikan dan pelatihan dasar untuk personil AVSEC yang mencakup basic aviation security, junior aviation security, dan senior aviation security;
  2. Pendidikan dan pelatihan lanjutan untuk personil AVSEC yang mencakup manajemen AVSEC, crisis management, risk management, quality controlinstructor, auditor/inspector, human factor, negotation, investigator, dan profiling.

Tugas Tugas Yang dijalankan Petugas AVSEC Bandara

Secara keseluruhan, perugas AVSEC bertugas untuk:

  • Menjamin keselamatan dan keamanan penumpang sepanjang penerbangan;
  • Memastikan efisiensi dan keteraturan penerbangan di seluruh area penerbangan;
  • Memberikan proteksi penuh terhadap awak pesawat, penumpang, petugas, masyarakat, dan instansi di bandara dari tindakan yang melawan hukum;
  • Mematuhi dan memenuhi standar peraturan di penerbangan nasional maupun internasional.

ICAO atau International Civil Aviation Organitation—organisasi penerbangan sipil yang berada di bawah naungan PBB—mempunyai aturan penerbangan bernama Amnex, tepatnya berada di Amnex 17 Security – Safeguarding International Civil Aviation Against Acts of Unlawful Interference. Maka, negara-negara yang tergabung dalam ICAO wajib mematuhi aturan tersebut.

Kemudian, pertugas AVSEC pun disokong peralatan kerja seperti:

  • Pendeteksi metal (WTMD dan HTMD);
  • Pendeteksi bahan organik dan non-organik;
  • Pendeteksi bahan biologi, kimia, radioaktif, dan nuklir;
  • Pendeteksi bahan peledak;
  • Kendaraan patroli untuk memantau keamanan penerbangan;
  • Pemantau lalu lintas orang, pos, kendaraan, kargo, dan pesawat terbang;
  • Pusat penanggulangan keadaan darurat atau emergency operation center;
  • Pengontrol jalan masuk (access control);
  • Pendeteksi penyusup pagar perimeter;
  • Alat komunikasi personil keamanan.

Untuk menjadi perugas AVSEC profesional, Anda tentunya tidak bisa mengandalkan otot semata. Ada kompetensi seperti kecerdasan, keterampilan/kemampuan (skill), pengetahuan (knowledge), dan sikap (attitude) supaya tugas yang dilaksanakan berjalan lancar.

Inilah yang menjadi alasan adanya sekolah penerbangan. Setelah memahami jenjang karier petugas AVSEC di atas, Anda dapat mengira berapa tahun kontrak kerja AVSEC bandara beserta penghasilan tetapnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.