Batas Usia Menjadi AVSEC Bandara

Batas Usia Menjadi AVSEC Bandara

Batas Usia Menjadi AVSEC Bandara

BATAS USIA MENJADI AVSEC BANDARA

Batas usia menjadi AVSEC bandara, AVSEC bandara merupakan petugas keamanan bandara yang bertugas untuk bertanggung jawab terhadap segala keamanan dan keselamatan seluruh penumpang dan awak pesawat yang ada di darat, baik itu mencakup pemeriksaan terhadap bawang bawaan melalui mesin x-ray.

pemeriksaan badan dengan meggunakan alat metal detector serta keamanan yang sifatnya secara fisik misalnya keamanan di sekitar landasan pacu serta penerangan di landasan pacu yang mendukung keamanan dan keselamatan dalam pendaratan atau pemberangkatan pesawat terbang.

Tugas AVSEC Bandara

Selain itu, petugas AVSEC juga menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan, keteraturan serta efisiensi penerbangan, keamanan dan kelengkapan keamanan di seluruh area penerbangan yang termasuk keamanan awak pesawat, perlindungan terhadap awak pesawat, masyarakat, calon penumpang dari segala tindakan yang melawan hukum yang sesuai dengan standard peraturan keamanan dan keselamatan penerbangan nasional maupun internasional.

Saat bekerja, petugas AVSEC dibekali dengan berbagai peralatan yang mendukung keamanan dan keselamatan penumpang maupun awak pesawat yakni metal detector, pendeteksi bahan organik dan non organik (x-try), pendeteksi bahan nuklir, biologi, kimia, serta radioaktif, dan berbagai peralatan canggih lainnya.

Pendidikan AVSEC Bandara

Dalam pendidikan AVSEC tentunya akan diajarkan banyak hal terkait dengan sistem keamanan dan keselamatan penumpang yang ada di darat sehingga tidak akan mengacaukan pada saat penerbangan nantinya.

Seseorang yang sudah lulus pendidikan AVSEC akan diberikan surat lisensi yang berupa Surat Tanda Kecakapan Petugas yang merupakan tanda bahwa ia sudah mampu untuk melaksanakan tugas dan mampu untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang telah ia emban.

Syarat Mendaftar AVSEC Bandara

Tentunya seseorang yang ingin mendaftar sebagai AVSEC ini harus memiliki penampilan yang menarik, serta kecerdasan dan kecakapan yang nantinya akan mendukung dalam proses bekerjanya. Penampilan yang menarik ini yakni memiliki tinggi badan minimal 163 cm tentunya didukung dengan berat badan yang proporsional juga. Kecerdasan dan kecakapan bisa dinilai dengan tes akademik serta kemampuan berbahasa Inggris yang sangat bagus.

Kemampuan ini penting karena nantinya petugas AVSEC akan berhadapan dengan banyak orang yang berasal dari berbagai daerah dan juga berbagai negara yang tentunya memiliki perbedaan budaya serta bahasa dan petugas AVSEC harus mampu berkomunikasi dengan sangat baik agar calon penumpang merasa aman dan nyaman pada saat dilakukan pemeriksaan.

Jenjang Karir AVSEC Bandara

AVSEC juga memiliki jenjang karir yakni pelaksana tingkat 1, pelaksana tingkat 2, danru tingkat 1, danru tingkat 2, officer on duty, chief officer on duty, junior manager, senior manager. Tentunya jejang karir tersebut dilalui oleh petugas AVSEC dengan banyak tahapan panjang yang juga dipengaruhi oleh masa jabatan, promosi dan index prestasi yang telah diraihnya.

Jenajng karir tersebut akan didapatkan oleh para petugas AVSEC dengan syarat mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) yang mendapat persetujuan penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

Tentunya dengan semakin lama bekerja, maka petugas AVSEC akan semakin memiliki jenjang karir yang cemerlang karena sudah dianggap mampu dan professional terkait dengan keamanan bandara. Sementara, batas usia menjadi AVSEC bandara yakni usia 56 tahun.

Pada usia tersebut, petugas AVSEC akan diberikan pesangon dan tentunya uang pensiunan. Dengan usia pensiun 56 tahun tentunya diharapkan para petugas AVSEC kemampuan kerja yang produktif karena terus dilakukan regenerasi anggota baru.

Demikian informasi terkait dengan batas usia menjadi AVSEC bandara dan semoga bermanfaat bagi Anda yang berminat untuk menjadi petugas AVSEC bandara tentunya dengan melihat jenjang karir dari AVSEC itu. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *