Berikut Ini Daftar Nama-Nama Bandara Internasional di Indonesia

Daftar Nama-Nama Bandara Internasional di Indonesia

Daftar Nama-Nama Bandara Internasional di Indonesia

DAFTAR NAMA BANDARA INTERNASIONAL DI INDONESIA

Daftar Nama-nama bandara internasional di Indonesia tidak semua orang tahu. Bukan hanya itu, banyak masyarakat yang belum bisa membedakan bandar udara yang hanya digunakan sebagai layanan domestik dengan bandar udara layanan internasional.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan antara keduanya, sekaligus belum mengenal nama-nama bandar udara internasional di Indonesia, berikut uraian lengkapnya.

Perbedaan Bandar Udara Domestik dan Internasional

Dari bahasanya, sebenarnya perbedaan bandara domestik dan internasional sudah bisa ditebak. Bandar udara domestik memang dikhususkan untuk melayani transportasi udara dengan rute dalam negeri saja. Bandar udara ini hanya sebagai penghubung antara satu pulau dengan pulau lainnya di Indonesia atau dari satu kota ke kota lain dalam satu pulau.

Sementara itu, bandar udara bertaraf internasional merupakan layanan transportasi udara dengan rute antar negara. Plusnya dari bandar udara ini, selain melayani penerbangan internasional, juga melayani penerbangan domestik.

Syarat Sebuah Bandar Udara Internasional

Sebuah bandar udara dapat dimasukkan dalam kategori bertaraf internasional tentu saja mempunyai syarat-syarat tertentu. Namun, syarat ini bukan berupa bentuk fisiknya, seperti ukuran panjang landasan, banyaknya fasilitas penerbangan, atau adanya terminal yang megah.

Sebuah bandar udara dikatakan bertaraf internasional juga tidak ditentukan jarak tempuh rute pesawat yang ada. Sebab, bisa jadi justru rute pesawat domestik mempunyai jarak lebih jauh daripada rute pesawat internasional. Sebagai contoh, rute perjalanan dari Jakarta ke Papua dibandingkan rute Indonesia ke Singapura.

Sebuah bandara dikatakan bertaraf internasional jika mempunyai fasilitas pelayanan berupa layanan imigrasi, karantina (quarantine), dan pabean (custom). Sebab, ketiga hal inilah yang akan menyaring penumpang yang berasal dari luar negeri atau dari dalam negeri ke luar.

Nama-Nama Bandar Udara Bertaraf Internasional di Indonesia

Sebagai negara yang mempunyai hubungan sangat dekat dengan beberapa negara di sekitarnya, Indonesia tentu saja memiliki beberapa bandara bertaraf internasional.

Hal ini untuk memfasilitasi perjalanan baik masyarakat Indonesia Indonesia sendiri maupun warga asing untuk saling berkunjung. Nah, berikut ini beberapa nama bandar udara Internasional di Indonesia.

  1. Bandara Hang Nadim di Batam
  2. Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh
  3. Bandara Kuala Namu di Deli Serdang
  4. Bandara Minangkabau di Padang
  5. Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru
  6. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang
  7. Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang
  8. Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu
  9. Bandara Radin Inten II di Bandar Lampung
  10. Bandara Husein Sastranegara di Bandung
  11. Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang
  12. Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta
  13. Bandara Adisumarmo di Solo
  14. Bandara Achmad Yani di Semarang
  15. Bandara Juanda di Surabaya
  16. Bandara Valia Rahma di Masalembo
  17. Bandara Ngurah Rai di Denpasar
  18. Bandara Lombok di Lombok Tengah
  19. Bandara Juwata di Tarakan
  20. Bandara Kalimarau di Berau
  21. Bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin
  22. Bandara Sam Ratulangi di Manado
  23. Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar
  24. Bandara Haluoleo di Kendari
  25. Bandara Yos Sudarso di Nabire
  26. Bandara Iskak di Oksibil
  27. Bandara Sentani di Jayapura
  28. Bandara Frans Kaisiepo di Biak
  29. Bandara Mozes Kilangin di Tembagapura
  30. Bandara Mopah di Merauke

Sebagai masyarakat Indonesia, kita mesti berbangga dengan banyaknya nama-nama bandara internasional di Indonesia. Sebab, hal ini menunjukkan bahwa hubungan negara kita dengan luar negeri cukup harmonis.