Apa Bedanya AVSEC Dengan Petugas Keamanan Yang Lain

Apa Bedanya AVSEC Dengan Petugas Keamanan Yang Lain

Apa Bedanya AVSEC Dengan Petugas Keamanan Yang Lain

APA BEDANYA AVSEC DENGAN PETUGAS KEAMANAN YANG LAIN

Apa Bedanya AVSEC Dengan Petugas Keamanan Yang Lain? AVSEC adalah Aviation Security yang merupakan sumber daya yang digunakan untuk memastikan keamanan penerbangan sipil mulai dari pengecekan penumpang, awak pesawat, hingga keamanan kargo yang dibawa dalam penerbangan.

Profesi sebagai AVSEC saat ini sedang banyak dibutuhkan karena penerbangan di Indonesia yang makin ramai seiring dengan meningkatnya kegiatan pariwisata di Indonesia dan juga banyaknya penerbangan yang menawarkan harga tiket lebih terjangkau sehingga makin banyak masyarakat yang menggunakan cara terbang sebagai alat transportasi.

Jika tugas utamanya adalah sebagai pengaman penerbangan sipil lalu apa bedanya AVSEC dengan petugas keamanan yang lain, seperti satpam  misalnya?

Seorang AVSEC Harus Punya Lisensi Resmi

Proses perekrutan STAFF keamanan biasa dengan AVSEC berbeda. Apabila lulus, calon AVSEC akan dibekali dengan lisensi resmi yang menyatakan bahwa individu tersebut memiliki kualifikasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan untuk menjadi bagian dari keamanan penerbangan sipil berstandar internasional.

Bagaimana Cara Mendapatkan Lisensi Resmi AVSEC???

Lisensi resmi ini hanya bisa didapatkan apabila individu tersebut lulus dalam sekolah diklat yang diadakan oleh lembaga resmi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, dalam hal ini adalah PSPP atau Pendidikan STAFF Penerbangan dan Pariwisata.

Materi yang diberikan saat diklat antara lain adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa penerbangan, mengenai seluk beluk bandara udara, dan juga tentunya mengenai soal-soal teknikal yang berhubungan dengan pelayanan keamanan dan pelayanan terhadap masyarakat.

Oleh karena itu apa bedanya AVSEC dengan petugas keamanan yang lain adalah mendidik para peserta diklat dengan keahlian khusus untuk dunia penerbangan sipil yang memiliki standar lebih ketat.

Regulasi Standar Internasional

Apa bedanya AVSEC dengan petugas keamanan yang lain? Yang membedakan adalah AVSEC menggunakan regulasi organisasi internasional penerbangan yang berada di bawah PBB sebagai pedoman operasionalnya, yaitu regulasi dari International Civil Aviation Organization atau ICAO.

Dunia penerbangan adalah dunia yang membutuhkan keamanan yang ketat dalam operasionalnya. Oleh karena itu untuk menyamakan kualitas operasional dan layanan industri penerbangan yang nyaman dan aman bagi pengguna jasa penerbangan di seluruh dunia, regulasi atau aturan yang ditetapkan memiliki standar internasional.

Dengan demikian diharapkan standar operasional dan juga layanan  AVSEC yang berjalan di Indonesia sama kualitasnya dengan yang ada di bandara udara luar negeri.

Tugas AVSEC Saat di Bandara

Lalu kemudian apakah tidak ada STAFF keamanan umum seperti satpam di bandara? Tentu saja ada, jadi apa bedanya AVSEC dengan petugas keamanan yang lain? Satpam bandara memiliki tugas untuk pengamanan fisik aset yang ada di bandara sedangkan  AVSEC memiliki tugas umum untuk menjaga keamanan penerbangan sipil.

Keamanan Penerbangan Sipil Antara Lain Sebagi Berikut :

  1. Menjaga keselamatan penerbangan dan efisiensi penerbangan sipil dari tindakan yang melawan hukum
  2. Memberikan perlindungan untuk awak pesawat, pesawat, penumpang, awak bandara, dan juga masyarakat yang ada di bandara udara
  3. Memberikan perlindungan pada perusahaan angkutan udara dari tindakan kriminal

Sedangkan untuk gambaran tugas AVSEC ketika bertugas di bandara udara misalnya adalah memastikan tidak adanya barang yang melanggar hukum yang masuk ke dalam bagasi dan kargo pesawat, pemeriksaan terhadap bagasi, kargo, penumpan, dan juga kru pesawat,  dan juga mengawasi akses kontrol ke sisi udara.

Keamanan penerbangan sipil sangat ditentukan oleh faktor kualitas SDM AVSEC yang bekerja di lapangan oleh karena itu dibutuhkan lisensi khusus bagi Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *