Adakah Potensi Anda Untuk Menjadi AVSEC Bandara? Inilah Informasinya

Adakah Potensi Anda Untuk Menjadi AVSEC Bandara

Adakah Potensi Anda Untuk Menjadi AVSEC Bandara

Industri Bidang Jasa Penerbangan dan Sektor Pariwisata di Indonesia yang semakin tahun semakin meningkat, memberikan kesempatan untuk Anda berkarir. Baik sebagai Pilot, Pramugari, Pramugara, STAFF Penerbangan ataupun Petugas Keamanan Penerbangan atau yang sering dikenal dengan sebutan AVSEC atau Aviation Security.

Bagi Anda yang belum mengenal AVSEC Bandara, gambaran berikut ini semoga bisa memudahkan Anda untuk mengetahuinya.

Ketika Anda berada di Bandara, Tentu saja akan ada Petugas Keamanan yang Bertugas untuk memeriksa Anda saat melewati mesin X-Ray, Petugas itulah yang disebut dengan AVSEC atau Aviation Security atau Polisi Bandara.

Aviation Security (AVSEC) mempunyai Tugas Utama yaitu Melindungi Keamanan dan Keselamatan Penerbangan Sipil dari berbagai tindakan yang melawan hukum. Baik Penumpang, Masyarakat Umum, Awak Pesawat, STAFF Bandara dan Instansi yang berkaitan.

Cara Menjadi AVSEC Bandara

Basic AVSEC (Aviation Security)

Basic AVSEC (Aviation Security)

Untuk menjadi Seorang AVSEC tidaklah mudah. Hal ini tidak jauh berbeda dengan petugas keamanan lainnya yang perlu mendapatkan Pelatihan Khusus.

Sebelum Menjadi AVSEC, Anda harus mempunyai STKP (Surat Tanda Kecakapan Personil) atau Wajib Memiliki Lisensi yang Diberi Tugas dan Tanggung Jawab di Bidang Keamanan Penerbangan.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia No.SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9.

Untuk itulah, sebelum mendapatkan Lisensi Khusus AVSEC, Anda harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Khusus AVSEC, dan yang menyelenggarakan Diklat harus memupunyai izin Resmi dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

Selain itu, Sebelum mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Khusus AVSEC, Anda juga harus memenuhi Persyaratan yang dibutuhkan.

Selain itu, sebelum mendapatkan lisensi khusus untuk AVSEC juga terdapat persyaratan yang wajib dipenuhi ketika Anda akan mendaftar sebagai calon petugas keamanan penerbangan

Syarat Menjadi VSEC Bandara

Berikut adalah Syarat yang Wajib Anda Penuhi ketika ingin Menjadi AVSEC atau Personel Keamanan Penerbangan.

  • Pria atau Wanita
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pendidikan Minimal SMA/SMK Sederajat
  • Tinggi Badan Minimal 170cm (Pria)
  • Tinggi Badan Minimal 160cm (Wanita)
  • Memiliki Postur Tubuh Tegap dan Proposional
  • Sehat Jasmani & Rohani
  • Tidak Berkacamata atau Contact Lens
  • Tidak Buta Warna
  • Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Menular
  • Tidak Menggunakan Narkoba
  • Belum Menikah (Single) dan Sanggup Tidak Menikah Selama Masih Berstatus Calon Pegawai
  • Tidak Pernah Dipenjara atau Kurungan Berdasarkan Keputusan dari Pengadilan yang Memiliki Kekuatan Hukum Tetap (SKCK)
  • Mempu Berkomunikasi Dengan Baik, Diutamakan Bisa Berbahasa Inggris
  • Memiliki STKP atau Lisensi AVSEC Minimal Basic.

Sehat Secara Jasmin dan Rohani yaitu, Calon AVSEC tidak sedang mengidap salah satu penyakit berat, Hal tersebut akan dibuktikan dengan Tes Medex atau Medical Check Up.

Syarat ini harus dipenuhi secara mutlak yaitu sehat secara jasmani dan rohani. Jadi, calon tidak sedang mengidap salah satu penyakit berat. Hal itu akan dibuktikan melalui medical check up. Syarat tersebut meliputi:

Tes Akademik

Tes Akademik umumnya terdiri dari Tes Bahasa Inggrisa dan Psikotest. Maka, Akan lebih baik jika Anda Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris supaya bisa diprioritaskan untuk Lulus.

Tes Akademik merupakan Tes yang tidak dapat direkayasa karena itu merupakan kemampuan Anda yang sebenarnya. Untuk itulah Anda sangat disarankan untuk Mengikuti Pendidikan Khusus di Sekolah AVSEC Resmi Indonesia.

Hubungi Kak Yeni (WA) 08997200200 Untuk Mendapatkan Informasi Yang Lebih Lengkap Tentang Sekolah AVSEC Indonesia.

Dengan mengikuti Pendidikan Khusus AVSEC, Anda bisa Mengembankan dan Memaksimalkan Potensi yang sudah Anda miliki.

Tes Interview

Tes Interview adalah Tes yang Sangat Penting. Tidak sedikit dari Calon AVSEC yang gugur dalam tahap ini, mulai dari karena Gugup, Salah Berbicara, Kurang Percaya Diri atau malah terlalu Percaya Diri.

Maka, Jika Anda inggin Lolos Tes Interview hindarilah hal hal seperti di atas. Karena Sebenarnya, yang dicari adalah Mereka yang nantinya dapat dibentuk dan ditanamkan karakter untuk Menjadi AVSEC atau Personel Keamanan Penerbangan.

Jadi, Singkirkan Idealisme Anda dan Anda juga harus terlihat Smart tetapi tidak Egois. Karena Mereka tidak mencari Orang yang pandai ber-argumen tetapi justru Orang yang rendah hadi dan bersedia mengatakan “Maaf”.

Pada saat Wawancara, bagai Para Wanita sebaiknya juga tidak perlu berdandan secara berlebihan (Menor) atau terlihat Seksi kerena hal ini bisa menjadi sumber kegagalan Anda, karena dianggp terlalu percaya diri. Persiapkanlah secara wajar dengan senyuman yang naturan setiap kali menjawab pertanyaan yang diajukan.

Selain itu, Setimengikuti Tes Interview, Usakah datang lebih awal. Jangan sampai Anda datang terlambat. Karana bisa dipastikan Anda akan langsund dinyatakan Gugur.

Mempunyai Lisensi Resmi

Untuk Menjadi AVSEC atau Personel Kemanan Penerbangan. Anda HARUS Memiliki Lisensi atau STKP yang dekeluarkan Langsung oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, hal itu sesuai Peraturan No:SKEP/275/XII/2010 Bab I (9).

Peralatan Pendukung Selama Bertugas

Ketika Anda Menjadi AVSEC Bandara, Anda akan Menggunakan atau Dilengkapi dengan Peralatan khusus saat Melaksanakan Tugas. Fasilitas tersebut diantaranya yaitu:

  • Alat Pendeteksi Bahan Peledak,
  • Alat Pendeteksi Bahan Organik dan Non Organik,
  • Alat Pendeteksi Metal,
  • Alat Pendeteksi Bahan Nuklir dan Radio Aktif,
  • Alat Pemantau Lalu Lintas Orang, Pos, Kargo, Kendaraan dan Pesawat Udara di Bandara.
  • Selain Itu, Ada Pula Beberapa Sarana Lain Seperti Alat Pendeteksi Penyusup, Kendaraan Patroli, Dll.

Dengan Melihat Persayaratan dan Alat–Alat Tersebut, Adakah Potensi Anda Untuk Menjadi AVSEC Bandara? Silakan Tinggalkan Komenter Anda.

Semoga Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.